Selasa, 22 November 2011

10 film Action terbaik

1. Die Hard / Die Hard 2.
Film action terbaik sepanjang masa versi ”Entertaiment Weekly” dan MTV2. 
2. Star Wars episode VI : Return of the Jedi. 
3.  Terminator 2: Judgement Day.
4.  Independence Day.
5.  The Matrix.
6.  Braveheart.
7.  The Lords of The Rings, Return of The King
8.  Aliens.
9.  Speed. 
10. Indiana Jones, Raiders of the Lost Ark.

Film Action klasik lain : Lethal Weapon, Predator, Rambo, Spiderman 2, Gladiator, Robocop, Dark Knight (bagus tapi sedikit overrated, kecuali untuk penampilan Heath), Seven Samurai, Road Warrior (Mad Max 2).

Fun Note :

Dalam syuting “Road Warrior”, Mel Gibson kedinginan sampai menggigil selama syuting malam dan pagi hari di padang pasir Australia. Tapi begitu sang sutradara berkata “action”, Mel langsung berakting seakan-akan tidak ada apa-apa sedikitpun. Dan begitu sutradara berteriak ”cut”, dia akan kembali menggigil sampai para krew harus mengambilkannya selimut. Moral of the story-nya adalah, bahkan aktor sebesar Mel Gibson pun bekerja sedemikian disiplinnya untuk membuat sebuah film.

1. Die Hard / Die Hard 2.
  

John McClane cuma polisi biasa.


Dia hanya ingin menjemput istrinya Holly yang bekerja di Nakatomi Plaza. Tapi kebetulan, ternyata gedung itu akan dikuasai para teroris genius dan bersenjata berat yang akan membobol simpanan salahsatu perusahaan multinasional terbesar di seluruh dunia.

McClane harus bertempur nyaris sendirian dengan para teroris itu. Dan ratusan polisi, tim SWAT dan FBI yang sudah mengepung gedung pencakar langit itu nyaris tidak bisa berbuat apa-apa.


Dalam Die Hard 2, McCLane berhadapan dengan teroris yang lebih sadis. Mereka menguasai komunikasi lapangan terbang, dan mengancam akan menjatuhkan satu-persatu semua pesawat-pesawat yang mengudara di atas bandara internasional Dulles. Idenya benar-benar mengerikan. Mampukah polisi McClane menyelamatkan mereka semua?

2. Star Wars episode VI : Return of the Jedi.

”Jedi” tidak cuma punya satu akhir klimaks yang dahsyat, tapi 3 sekaligus secara bersamaan.

Pertempuran diatas Endor Moon
Pertempuran angkasa yang melibatkan ratusan pesawat X-wing dan Tie Fighters, puluhan kapal induk Star Destroyers dan Super Star Destroyer, pertempuran darat antara pasukan Rebel/Ewoks dengan Imperial Stormtroopers di Endor, dan pertarungan terakhir antara Luke Skywalker dan Darth Vader/Emperor. Salahsatu momen aksi paling spektakuler dalam sejarah film.

3. Terminator 2: Judgement Day.

Perbedaan antara Terminator model T-800 (Arnold) dengan T-1000 (liquid metal Terminator) adalah seperti "Tank Panser" dengan "Porsche". Terminator 1 nyaris tidak bisa dihentikan, tapi T-1000 jauh lebih canggih dan berbahaya. Itulah visi Cameron. Walaupun robot, mereka harus punya karakter spesifik yang keren dan mematikan.

Efek spesial perubahan bentuk T-1000, morphing, saat itu sangat revolusioner dan belum pernah terlihat sebelumnya. Kita juga bisa melihat Sarah Connor (Linda Hamilton) menjadi jagoan wanita yang sangat dominan seperti Ripley dalam film ”Alien”.

4. The Matrix.

Salahsatu point penting dalam film aksi, selain ceritanya yang penuh aksi dramatis adalah penggunaan teknologi cutting edge (Star Wars, Terminator 2, Independence Day). Di The Matrix kita melihat pertamakalinya teknologi Bullet Time, yang menggunakan adegan super slow-motion dan memutar mengelilingi obyek (sang tokoh utamanya). Teknologi ini memperkuat visual karakter Neo yang digambarkan memiliki kekuatan superhuman dan bisa menghindari tembakan peluru.

5. Independence Day.

 Menjelang Hari Kemerdekaan Amerika, 4 Juli. NASA mendeteksi sebuah benda angkasa yang luar biasa besar, yang ternyata adalah sebuah pesawat luar angkasa. Besarnya hampir seperempat Bulan. Dan pertempuran udara besar-besaran antara pasukan angkatan udara Bumi dengan armada pesawat Alien segera terjadi. Film paling ditunggu tunggu di tahun 1996.

6. The Lords of The Rings, Return of The King.

Sauron telah mengumpulkan ratusan ribu pengikutnya, pasukan Orcs, gajah-gajah raksasa Mumakil, The Witch King, monster Nazgul, semuanya akan menuju pertempuran akhir di Pelenonr, padang luas di depan Minas Tirith, The White City, Kota para raja-raja. Para ksatria manusia dan the Fellowship akan mempertahankan kota raksasa ini untuk terakhir kalinya. Salahsatu pertempuran berskala terbesar dalam sejarah.


7. Braveheart.


Bagus, wajib tonton. Salahsatu film epik terbesar dari Mel Gibson. Seperti kata William Wallace, Apa artinya hidup kalau harus hidup dalam belenggu seumur hidup? Dan perang besar antara orang-orang Skotlandia dengan kerajaan Inggris yang berkekuatan besar pun dimulai. FREEDOOOOMMMMM!!#&!$

8. Speed (1994)
 This bus... Is going way too fast."
Seorang teroris, Payne (Dennis Hopper) meletakkan sebuah bom diatas sebuah bis. Kalau kecepatannya mencapai 80 (50 mil/jam), bom itu akan menyala, dan kalau saja sempat turun dari 80, bom itu akan langsung meledak dan menghancurkan bis itu dan seluruh penumpangnya termasuk si cantik Annie (Sandra Bullock). Anggota tim SWAT Jack Traven (Keanu Reeves) harus berburu dengan waktu untuk menyelamatkan mereka.

Tidak cuma aksi jalan rayanya yang spektakuler, tapi adu pintar yang intens antara Jack dengan si teroris Payne sangat menegangkan. Disutradari Jan De Bont.

9. Aliens.

James Cameron ingin membuat film perang Vietnam yang brutal di ruang angkasa, dengan tentara-tentara terlatih berpersenjataan super canggih, tapi akan dikepung dan dihabisi oleh musuh-musuh yang paling primitif tapi sangat mematikan, binatang-binatang Alien. Tidak seperti kebanyakan film action yang jagoannya laki-laki berotot, tokoh utama di "Aliens" adalah Ellen Ripley (Sigourney Weaver), perempuan yang bertempur lebih hebat dari para marinir Amerika.

10. Indiana Jones, Raiders of the Lost Ark.

Mau ikut berpetualang ke tempat-tempat eksotik dan misterius? Indiana Jones harus berkeliling dunia memburu sebuah benda mistikal yang dikatakan berisi kekuatan gaib yang mengerikan. Kotak magis dari jaman Nabi Musa, yang berisi 10 perintah Tuhan, The Ark of Covenant.

Jones mengembara ke hutan rimba di pedalaman Peru, pergi ke pegunungan salju di Nepal, lalu ke Kairo, sebuah tempat mistikal di Mesir, dan masih berlanjut lagi. Dan dia berhadapan dengan suku terasing yang haus darah, diburu pasukan Nazi, dan ular, beratus-ratus ular yang sangat dibencinya.

Diproduksi oleh George Lucas dan Spielberg.

Fun note :

Walau idenya dari Lucas dan Spielberg, tapi hampir semua studio-studio besar awalnya menolak membiayainya karena dianggap akan terlalu mahal. Paramount akhirnya nekat membiayainya.

Naskah film “Star Wars” (1977) dari George Lucas juga ditolak United Artists dan Universal, dan betul-betul diragukan oleh 20th Century Fox yang setengah hati membiayainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar